6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Bila Kamu Ingin Membuka Usaha Bisnis Warung Kopi

Senyuman menjadi salah satu modal pelayanan di warkop | Foto: Pexels


WarkopMedan - Sebenarnya cukup banyak peluang usaha yang bisa kita manfaatkan dan perlu dicoba.


Salah satu rekomendasi dari penulis adalah bisnis membuka usaha warung kopi.


Bisnis ini sangat mudah dijalankan serta modal untuk memulainya sangat kecil.


Bisnis warkop juga bisa kita jadikan salah satu peluang usaha sampingan anda.


Jika dijadikan bisnis sampingan, warkop bisa kita buka hanya ketika sore hari hingga malam hari.


Tetapi jika anda ingin menggeluti bisnis warkop ini sebagai pekerjaan utama, maka anda bisa menjalankan bisnis ini mulai pagi hingga malam.


Bagi sobat yang ingin membuka bisnis warung kopi, dirangkum dari berbagai sumber, berikut 6 halyang perlu kita perhatikan sebelum membuka warkop:


1. Tempat dan lokasi


Lokasi tempat usaha warkop untuk berjualan kopi harus yang setrategis agar bisa ramai dikunjungi konsumen.


Carilah tempat yang mudah dijangkau pembeli karena hal ini menjadi salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan dan kemajuan warung kopi.


Pilihlah lokasi tempat yang ramai seperti di pinggir jalan, pasar, pusat belanja, taman dan alun alun dan lokasi lain yang menurut sobat tempat tersebut ramai.

Selain itu sobat juga harus menjaga kebersihan lokasi terkhusus bagian depan, agar pengunjung dan calon pelanggan mau berbetah warkop sobat.


Jika sudah berada di lokasi yang ramai dan bersih, selanjutnya sobat bisa membuat desain warkop yang unik, agar calon pelanggan merasa penasaran untuk singgah.


2. Strategi usaha pada bahan kopi


Sebelum membuka usaha warkop terlebih dahulu anda melakukan strategi usaha.


Salah satu caranya yaitu membuat kopi yang disajikan mempunyai rasa yang unik, khas, nikmat, dan enak.


Dengan begitu, calon pelanggan yang sudah menjadi pelanggan dan memesan kopi akan merasa tertarik untuk mencobanya kembali dikemudian hari, bahkan tidak dipungkiri akan mengajak temannya yang lain karena rasa penasaran.


3. Memberi fasilitas tambahan


Memberi fasilitas tambahan sebagai servis di warkop dapat menjadi pengikat bagi pengunjung supaya tidak cepat-cepat meninggalkan warkop sobat.


Misal fasilitas tambahan yang bisa kita tambahkan adalah tayangan televisi, jaringan wifi, tempat bernyanyi, live musik, dan lain-lain.


Memberi tambahan fasilitas seperti contoh di atas dapat dipastikan warkop sobat akan banyak dikunjungi mulai dari pagi siang sore hingga malam hari.


4. Buatlah promosi


Memberi promosi pada waktu-waktu tertentu kepada pelanggan menjadi salah satu strategi marketing.


Untuk promosi, sobat bisa melakukan dengan cara membuat brosur dan sebar ke sekitar warkop.


Agar promosi lebih meluas, sobat bisa membuat akun media sosial untuk memperomosikan warkop sobat.


Salah satu strategi promo yang bisa kita lakukan, dengan memberi harga promo dan harga murah terjangkau ketika anda baru membuka usaha warkop.


Juga bisa diadakan promo untuk hari-hari besar, dimana para pengunjung memiliki waktu untuk bersantai karena tidak bekerja.


Mengikuti waktu berjalan, lambat laun sampai usaha warkop sobat sudah dikenal dan banyak pengunjung, mungkin bisa menaikkan sedikit harga kopi dikisaran kenaikan 10%.


5. Makanan dan jajanan pendukung



Terkadang warung kopi bisa sobat lengkapi dengan jajanan dan makanan pendukung seperti kerupuk, gorengan, keripik, snack dan makanan lain yang harganya.


Namun perlu diperhatikan, harga makanan pendukung seperti jajanan sebaiknya tidak melampaui harga lebih tinggi dari kopi khas warkop sobat, itu jauh lebih baik.


6. Pelayanan


Hal terakhir adalah cara pelayanan, bentuk pelayanan juga tidak kalah penting dibanding 5 hal di atas.


Senikmat apapun kopi di warkop sobat bila pelayanannya tidak baik maka pengunjung bakal ogah untuk datang kembali kecuali terpaksa.


Pelayanan juga termasuk modal usaha, dengan memberikan pelayanan yang terkesan bisa menjadi buah bibir bagi calon pelanggan yang hendak datang ke warkop sobat.


Modal pelayanan tidak membutuhkan uang, cukup dengan menggunakan tubuh yang kita miliki.


Beberapa pelayanan yang baik dan terkesan itu, contohnya:bersikap sopan, ramah, murah senyum, sigap, cekatan.


Sobat juga bisa mengucapkan selamat datang bagi pengunjung yang baru saja hadir.


Intinya, jalinlah keakraban kepada pelanggan agar mereka menganggap sobat sebagai rekan atau teman.


Penulis: Lian

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama