Begini Cara Buka Usaha Warkop Supaya Laris Manis dan Tidak Tumpur



WarkopMedan - Sebagian besar dari kita pastinya sudah tahu bahwa Indonesia memiliki beragam jenis kopi lokal yang cita rasanya tidak kalah dengan kopi luar. Lantas bagaimanakah langkah strategis untuk membuka usaha warung kopi agar laris dan banyak pelanggan?


Kalau ingin sukses dengan usaha warung kopi Anda maka persiapkan semuanya dengan langkah yang tepat sejak awal, diantaranya adalah sebagai berikut.


1. Merencanakan Usaha Menggunakan Business Model Canvas


Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat perencanaan usaha atau business plan menggunakan Bussiness Model Canvas.


Bagaimana caranya? Alur model bisnis canvas sebenarnya sangat sederhana, mengalir dari satu elemen bisnis menuju elemen penting berikutnya.


Dimulai dari menentukan segmentasi konsumen, menjelaskan keunggulan produk, menggunakan media yang tepat untuk promosi, mengelola sumber pendapatan dan sumber daya usaha semaksimal mungkin.


Selain itu bangun hubungan yang baik dengan konsumen agar menjadi pelanggan, melakukan aktivitas yang berhubungan dengan usaha, menjalin kerjasama dengan partner usaha dan mengelola biaya usaha yang efisien dan terstruktur.


Dengan menerapkan elemen-elemen Bussiness Model Canvas di atas, usaha warung kopi bisa lebih terarah dan semakin berkembang.


2. Pilih Lokasi dan Buat Media Sosial


Faktor yang sangat berpengaruh pada sukses tidaknya sebuah usaha adalah lokasi dan akun media sosialnya. Oleh sebab itu sejak awal Anda sudah harus jeli melihat dan memilih lokasi yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat usaha warung kopi yang ramai agar banyak pembeli.


Selain lokasi, akun media sosial sama pentingnya untuk menarik banyak konsumen baru untuk datang membeli kopi. Lakukan marketing secara online menggunakan media sosial seperti menjelaskan lokasi usaha dan menjelaskan cara membelinya lewat media sosial. Dengan begitu, usaha warung kopi semakin dikenal luas baik offline maupun online.


3.Tentukan Konsep dan Target Pelanggan


Pemilihan lokasi usaha berhubungan erat dengan konsep dan target pelanggan yang ingin diraih.


Jika Anda memfokuskan untuk membuka warung kopi khusus mahasiswa misalnya buatlah konsep yang sesuai. Misalnya Anda bisa mendesain ruangan dengan warna-warna cerah dan menyediakan spot foto yang menarik agar mereka betah berada di warkop Anda.


Dengan target pelanggan mahasiswa maka Anda sebaiknya tidak menjual kopi dengan harga yang terlalu mahal agar ramah dengan kantong mereka. Carilah lokasi yang relatif dekat dengan kampus sehingga setiap saat para mahasiswa bisa mengerjakan tugas sambil ngopi di warkop milik Anda.


4. Belajarlah Dari Barista Berpengalaman


Jumlah warung kopi kekinian memang banyak hanya saja citarasa dan penampilan minuman yang ditampilkan bisa jauh berbeda. Dan faktor itulah yang akan mempengaruhi seberapa banyak pelanggan datang dan menikmati kopi di tempat Anda.


Barista yang sudah berpengalaman tahu betul bagaimana cara meracik kopi agar memiliki citarasa yang enak. Di samping itu barista berpengalaman juga paham bagaimana menghias secangkir kopi agar terlihat lebih menawan.


5. Bangun Jaringan Pertemanan untuk Promosi Warkop


Usaha apapun membutuhkan jaringan pertemanan agar bisa sukses dan berkembang. Jaringan pertemanan bisa Anda bangun dari circle terkecil dulu seperti keluarga, sahabat baru kemudian berkembang ke kenalan dan teman lainnya. Ajak mereka untuk mampir dan menikmati secangkir kopi dari warkop Anda dan berikan pelayanan terbaik.


Kalau mereka puas maka mereka yang akan menjadi media promosi efektif Anda untuk mengenalkan usaha Anda kepada lebih banyak orang. Bahkan Anda tidak perlu membayar untuk promosi tersebut.


Itulah beberapa cara memulai usaha warkop yang bisa Anda lakukan.


Sumber: Dirangkum dari berbagai sumber

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama