Ingin Buka Usaha Warkop, Dimana Aja Bisa dan Tidak Butuh Modal Banyak Tapi Bisa Untung Banyak

Situasi salah satu warkop

WarkopMedan - Usaha warung kopi atau yang sering disebut warkop merupakan salah satu usaha yang sangat menjanjikan.


Usaha ini bisa dimulai dari dasar, artinya modal sedikit atau seadanya semampu kantong.


Warkop juga bisa dimulai dari rumah, memiliki warkop rumahan sendiri sangatlah menyenangkan dan juga menjanjikan.


Bisnis atau usaha warung kopi menjadi salah satu jenis usaha yang tidak memerlukan modal besar sehingga siapa saja bisa memulainya sendiri tanpa harus pusing memikirkan modal awal.


Tidak hanya itu saja, usaha ini memiliki prospek yang sangat baik dan mampu memberikan keuntungan dalam waktu yang relatif singkat. Supaya Anda bisa memulai usaha warung kopi rumahan sendiri, artikel kali ini akan membahas mengenai:


A. Langkah Memulai Usaha Warung Kopi di Rumah


Masa pandemi sejak awal 2020 ini menjadi tantangan yang besar bagi sebagian besar penduduk yang bekerja pada perusahaan yang melakukan perampingan karyawan. Tidak sedikit orang yang banting setir menjadi pengusaha untuk bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan hidup. Ada banyak usaha yang bisa dilakukan. Apabila dilakukan dengan perencanaan yang matang, niat, dan usaha yang ulet, apapun usahanya akan berjalan dengan lancar.


Salah satu usaha yang bisa dilakukan di rumah adalah usaha warung kopi, mengingat peminat kopi masih sangat banyak. Kopi merupakan salah satu minuman yang dikonsumsi orang-orang yang dipercaya mampu memberikan energi ekstra agar menjadi produktif. Membuat usaha warung kopi juga tampak mudah. Walaupun tampak mudah, Anda yang ingin membuka usaha warung kopi di rumah mesti memperhatikan beberapa hal agar usaha warung kopi Anda menjadi istimewa dan diminati banyak orang. Di bawah ini adalah cara memulai usaha warung kopi rumahan Anda sendiri:


1. Menentukan Konsep Warung Kopi

Langkah pertama yang wajib Anda pikirkan adalah konsep warung yang akan Anda buka. Banyaknya warung kopi yang ada memaksa Anda untuk membuat konsep yang unik dan semenarik mungkin. Tidak hanya unik, konsep warung kopi Anda hendaknya memberikan pengalaman minum kopi yang berbeda dari warung lainnya. Ada beberapa ide inovatif sebagai sentuhan baru konsep warung kopi dilansir dari artikel 6 Creative Ideas for an Innovative Coffee Shop, diantaranya adalah:


Warung Kopi Kreatif

Tidak hanya menikmati kopi, pengunjung diajak untuk memilih sendiri cangkir kopi dan menghiasnya sendiri. Jadi, tidak hanya rasa kopinya yang istimewa, juga pengalaman dan penyaluran kreativitas pengunjung akan menjadi nilai lebih untuk warung kopi Anda.


Warung Kopi dengan Karya Seni

Anda bisa bekerja sama dengan seniman yang akan memamerkan karya seninya, baik itu lukisan, patung, maupun kerajinan tangan lainnya. Dengan konsep ini, warung kopi yang Anda buat tidak hanya akan menyajikan kopi enak khas warung atau kafe Anda, tapi juga karya seni yang bisa dinikmati oleh pengunjung.


Warung Kopi dengan Area Bermain

Mungkin sudah banyak restoran yang memberikan fasilitas area bermain untuk pengunjung yang datang dengan anak-anak. Nah, mengapa tidak menambahkan area bermain pula di warung kopi Anda? Pengunjung yang memiliki anak akan datang bersama anak-anak mereka dan akan merasa nyaman berada di warung Anda untuk menikmati suasana serta kopinya.


Voucher Warung Kopi

Pemberian diskon maupun bonus untuk pelanggan selalu menjadi daya tarik pengunjung untuk berlangganan di warung kopi milik Anda. Misalnya Anda memberikan bonus gratis satu porsi kopi ketika pembelian kelima kalinya, maka pengunjung mungkin saja akan mengajak temannya untuk menikmati kopi dari warung kopi Anda. Dengan demikian, secara tidak langsung pelanggan Anda yang justru mempromosikan kopi Anda.


Warung Kopi dengan Dinding Hias

Sediakan satu bagian tertentu pada dinding warung kopi Anda dimana pengunjung dapat menggambar maupun menuliskan kata-kata mutiara, pesan, dan lainnya. Ketika mereka mengunggahnya ke sosial media mereka, secara tidak langsung itu akan mendongkrak popularitas warung kopi milik Anda.


Warung Kopi Bersama Hewan Peliharaan

Ide konsep inovatif ini memungkinkan pengunjung untuk tidak hanya menikmati kopi, tetapi juga memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati kebersamaan dengan hewan peliharaan seperti kucing, ikan, anjing, dan lainnya. Hewan-hewan ini bisa memberikan suasana warung kopi menjadi lebih hidup.


2. Riset Pasar Warung Kopi


Setelah menentukan konsep dan ide warung kopi yang akan Anda buka, tiba saatnya untuk melakukan riset yang lebih mendalam tentang persiapan membuka warung kopi. Beberapa riset yang perlu Anda lakukan sebelum membuka warung kopi antara lain:


Riset paling utama yang perlu Anda lakukan adalah pengecekan lokasi. Lakukanlah pengecekan pada lebih dari satu lokasi. Tujuannya adalah untuk memberikan perbandingan antara satu lokasi dengan lokasi yang lainnya. Pastikan lokasi tersebut mendukung konsep warung kopi yang akan Anda buka.


Selain lokasi, Anda perlu melakukan riset terhadap peminat kopi yang diharapkan menjadi pengunjung warung kopi Anda kelak. Konsep warung kopi dan ide inovatif Anda harus didukung dengan target pengunjung yang tepat.


Lakukan riset tentang dimana Anda akan membeli bahan baku kopi. Kunjungilah lebih dari satu supplier dan pilihlah supplier yang memberikan harga yang terjangkau dan bahan baku berkualitas. Tidak hanya itu, pastika supplier juga mudah dihubungi dan memiliki ketersediaan bahan baku yang melimpah. Sehingga ketika Anda membutuhkan bahan baku, Anda bisa dengan mudah memperolehnya.


3. Target Market Warung Kopi


Kenali target pasar dari warung kopi yang akan Anda buka. Sebagai contoh, apabila Anda mengincar kalangan remaja dan anak muda maka Anda perlu membuka sebuah warung kopi dengan menu-menu yang unik dan menarik. Perbanyak juga varian menu seperti kopi olahan ice blend yang sangat disukai oleh para anak muda.


Berbeda halnya jika Anda menargetkan pasar kepada pasar yang lebih luas lagi, Anda harus membuat resep kopi house blend racikan Anda sendiri supaya warung kopi Anda bisa memiliki rasa yang unik dan berbeda dari warung kopi lainnya.


4. Mencari Bahan Baku Warung Kopi


Bahan baku untuk membuat kopi tentu saja biji kopi yang berkualitas. Saat mencari bahan baku, lakukan survey pada beberapa supplier terlebih dahulu. Untuk menghemat waktu, Anda bisa bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman untuk mendapatkan referensi dari bahan baku yang diperlukan.


5. Dekorasi Warung Kopi


Memanjakan mata pengunjung dengan dekorasi menarik yang instagrammable merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Anda bisa menyiapkan beberapa pot bunga dengan tanaman yang segar, atau menambahkan lukisan menarik yang dapat memperindah warung kopi Anda. Hal terpenting adalah Anda harus menjaga kebersihan dan kerapian warung Anda sehingga pengunjung merasa nyaman untuk berada di warung kopi rumahan Anda.


6. Menguasai Teknik Pemasaran Warung Kopi


Sebelum membuka warung kopi Anda, Anda sebaiknya melakukan promosi. Anda bisa melakukannya lewat sosial media. Buatlah postingan di sosial media Anda dengan gambar dan kata-kata yang menarik. Anda juga bisa memberikan harga promo untuk barang yang Anda jual, sehingga dapat menarik pembeli.


7. Bikin Warung Kopi di Rumah


Setelah semuanya sudah siap. Anda bisa membuka warung kopi idaman Anda di rumah dengan persiapan tersebut. Yuk, memulai bisnis kopi Anda.


B. Konsep Warung Kopi Bisa Ditiru


Memilih konsep warung kopi yang tepat sangat penting dilakukan supaya warung kopi Anda bisa tampak menarik bagi para pengunjung. Di bawah ini adalah beberapa contoh konsep warung kopi populer yang bisa Anda tiru:


1. Usaha Warung Kopi Sachet


Konsep warung kopi ini cukup praktis dilakukan bagi Anda yang baru saja memulai usaha warung kopi dengan modal minim. Anda tidak perlu repot-repot untuk menentukan takaran campuran kopi, karena ada berbagai produk kopi sachet instan yang dijual di toko-toko. Pengunjung pun bisa memilih merek kopi sachet yang biasa mereka minum. Anda cuma perlu menyediakan air panas dan gelas untuk menghidangkan kopi.


Kelemahan konsep ini adalah tidak adanya ciri khas dari warung kopi Anda sebab kopi sachet tersebut juga bisa diseduh oleh pengunjung di rumahnya masing-masing tanpa ke warung Anda. Jadi, konsep warung kopi sachet ini mungkin membuat Anda harus membuka warung di tempat-tempat strategis seperti taman kota, dekat kantor, dekat proyek pembangunan, dimana banyak pekerja yang tidak sempat membuat kopi dan akan menemui Anda untuk membeli kopi di warung kopi sachet milik Anda.


2. Warung Kopi Rumahan Berkonsep Lesehan


Warung kopi ini memberikan kemudahan bagi para pengunjung untuk duduk bersantai di lantai maupun di halaman luar. Anda perlu menyiapkan beberapa karpet dan meja untuk pengunjung. Anda juga bisa menggunakan  bean bag agar pengunjung merasa lebih nyaman saat duduk dan jika ingin bersantai, bersandar maupun berbaring. Jika pengunjung lesehan di halaman yang hanya beratapkan langit, Anda bisa menambahkan payung pantai untuk melindungi pengunjung dari panas matahari maupun rintik-rintik hujan gerimis.


3. Warung Kopi Rumahan di Garasi


Nuansa rumah yang santai dapat memberikan kesan rileks bagi pengunjung. Manfaatkanlah garasi di rumah Anda untuk menjadi sebuah tempat usaha yang menarik. Garasi bisa Anda ubah untuk menjadi tempat meracik kopi, sedangkan carport bisa Anda gunakan sebagai tempat duduk outdoor untuk para pelanggan.


Itulah pembahasan lengkap mengenai cara memulai usaha warung kopi rumahan dengan modal minim yang bisa menjadi referensi bagi Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, terutama untuk Anda yang ingin memulai sebuah usaha di rumah sendiri.



Sumber: Dikutip dari berbagai sumber

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama